Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Kepemimpinan, Motivasi, dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Guru

Hendriady de Keizer, Dematria Pringgabayu, Kunto Ajibroto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrument untuk mengukur pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan budaya kerja Kepala Sekolah terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik, sedangkan pengumpulan data untuk penyusunan instrumen menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan tinjauan literatur yang dikombinasikan dengan hasil FGD dengan ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument penelitian adalah valid dan reliabel dengan nilai rata-rata kevalidan adalah 0,51 dan nilai reliabilitas adalah 0,86, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa instrumen-instrumen yang dikembangkan untuk variabel kepemimpinan, motivasi, budaya kerja serta kinerja guru dapat digunakan untuk penelitian-penelitian selanjutnya.

Keywords


Kepemimpinan, Motivasi, Budaya Kerja

Full Text:

PDF

References


Wardani K. Peran guru dalam pendidikan karakter menurut konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara. InProceeding of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI &UPSI 2010 Nov (pp. 8-10).

Hamdu G, Agustina L. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan. 2011 Apr 1;12(1):90-6.

Yogaswara A, Fattah N, Sa’ud US. Kontribusi Manajerial Kepala Sekolah Dan Sistem Informasi Kepegawaian Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan. 2010 Oct;11(2):60-72.

Karweti E. Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan faktor yang mempengaruhi motivasi kerja terhadap kinerja guru SLB di Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan. 2010 Oct;11(2):77-89.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. 2012.

Triyanto E, Anitah S, Suryani N. Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pemanfaatan media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran. Teknologi Pendidikan. 2013;1(2):226-38.

Juliansyah Noor SE. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Prenada Media; 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Member-of:

Indexed in:

Hasil gambar untuk google scholar                Hasil gambar untuk logo mendeley  BASE Logo       Related image

 

Tools:

 

Image result for logo plagscan