Tinjauan Kecurangan Akademik dari Perspektif Fraud Diamond

Shanti Rahayu Kusuma Ningrum, Nur Indah Riwajanti, Kuni Utami Handayawati

Abstract


Abstract
This research aims to prove the existence of the Fraud Diamond Theory in academic fraud at the Accounting Department State Polytechnic of Malang. The sample was determined based on a simple random sampling method with 374 students and a multiple regression method. This study shows that three elements of fraud diamond theory (pressure, opportunity, and rationalization) partially have a positive effect on academic fraud. On the contrary, the capability has a negative impact on the student’s academic fraud behavior. This research concludes that students in the Accounting Department State Polytechnic of Malang know and are aware of academic fraud caused by pressure, opportunity, and rationalization.

 

 Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan teori fraud diamond dalam academic fraud di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data primer dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Sampel ditentukan berdasarkan metode simple random sampling sebanyak 374 orang mahasiswa. Metode yang digunakan adalah analisis regresi multipel. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tiga dimensi dalam fraud diamond yakni pressure, opportunity, dan rationalization secara parsial berpengaruh positif terhadap academic fraud, berbalik dengan sedangkan capability yang berpengaruh negatif. Melalui hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan mahasiswa Jurusan Akuntansi mengetahui dan menyadari bahwa mereka melakukan academic fraud yang dipengaruhi oleh pressure, opportunity, dan rationalization. 

 

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan teori fraud diamond dalam academic fraud di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data primer dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Sampel ditentukan berdasarkan metode simple random samplingsebanyak 374 orang mahasiswa. Metode yang digunakan adalah analisis regresi multipel. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tiga dimensi dalam fraud diamond yakni pressure, opportunity, dan rationalization secara parsial berpengaruh positif terhadap academic fraud, berbalik dengan sedangkan capabilityyang berpengaruh negatif. Melalui hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan mahasiswa Jurusan Akuntansi mengetahui dan menyadari bahwa mereka melakukan academic fraud yang dipengaruhi oleh pressure, opportunity, dan rationalization.


Keywords


Akuntansi Keperilakuan, Fraud, Kecurangan Akademik

Full Text:

PDF

References


Schuchter A, Levi M. The Fraud Triangle Revisited. Security Journal 2016;29(2):107-121.

doi:10.1057/sj.2013.1

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. 2017.

Wolfe DT, Hermanson DR. The Fraud Diamond : Considering the Four Elements of Fraud. CPA J 2004.

Murdiansyah I, Sudarman M, Nurkholis. Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Empiris Pada Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Brawijaya). Jurnal Akuntansi Aktual 2017;4(2)

Ruankaew T. Beyond the Fraud Diamond. International Journal of Business Management and Economic Research 2016;7(1):474-476.

Zaini C, Setiawan AR. Analisis Pengaruh Diamond Fraud dan Gone Theory Terhadap Academic Fraud (Studi Kasus Mahasiswa se-Madura). Simposium Nasional Akuntansi 18, Medan: 2015.

Nursani R, Irianto G. Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa : Dimensi Fraud Diamond. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya 2016;2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/jraam.v4i3.006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Member-of:

Indexed in:

Hasil gambar untuk google scholar                Hasil gambar untuk logo mendeley  BASE Logo       Related image

 

Tools:

 

Image result for logo plagscan

 

  

 This work is licensed under: