Menakar Potensi Penerimaan Negara atas Pajak E-Commerce, Tarik Ulur Regulasi dan Hambatan Penerimaan Pajak: Suatu Kajian Literatur

Bambang Haryadi, Agus Sari

Abstract


Abstract

This research aims to assess the tax potential for e-commerce, to assess the controversy about taxation rules; to assess the barriers to tax. The research approach employed was descriptive qualitative and this research can also be categorized as literary study.The research results show: (1) tax potential from digital trade is very large; (2) tax contribution is verysignificant; (3) the controversy over the determination of the e-commerce tax has caused losses, because the tax is only based on turnover and only for those who have an tax identity number (NPWP); (4) the barriers are low business awareness, weak law enforcement, no specific regulations, and lack of ability to identify online businesses.


Tujuan riset ini adalah untuk menilai potensi pajak e-commerce, untuk mengurai kontroversi tentang aturan perpajakannya serta menilai hambatan penerimaan pajak transaksi digital. Pendekatan riset yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kepustakaan. Studi diarahkan untuk analisis potensi pajak atas perdagangan digital. Hasil penelitian menunjukkan: (1) potensi pajak atas perdagangan digital Indonesia sangat besar; (2) kontribusi pajak e-commercesangat signifikan hasilnya; (3) tarik ulur penetapan pajak e-commercemenimbulkan kerugian, dikarenakan pengenaan pajak hanya berdasarkan omzet dan dikenakan hanya bagi yang memiliki NPWP; (4) hambatan meliputi kesadaran pebisnis, lemahnya penegakan hukum, belum ada peraturan khusus, serta belum memiliki kemampuan mengidentifikasi pebisnis daring.


Keywords


Accounting Research

Full Text:

PDF

References


Daftar Rujukan

Tim BPPSDM. Study Ekonomi Digital Di Indonesia: Sebagai Pendorong Utama Pembentukan Industri Digital Masa Depan,. 2019.

Sari RP. Kebijakan perpajakan atas transaksi e-commerce. Akuntabel 2018;15:67. https://doi.org/10.29264/jakt.v15i1.2889.

Rahayu. Pertumbuhan E-Commerce Pesat di Indonesia. WartaekonomiCoId 2019. https://www.wartaekonomi.co.id/read216302/pertumbuhan-e-commerce-pesat-di-indonesia.html.

Ho Ching. e-Conomy SEA 2019. J Chem Inf Model 2013;53:1689–99. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Wibowo EW. Analisis Ekonomi Digital Dan Keterbukaan Terhadap Pertumbuhan Gdp Negara Asean. J Lentera Bisnis 2018;7:66. https://doi.org/10.34127/jrlab.v7i2.235.

Utomo. Indonesia Millennial Report 2019. 2018.

Kemenkeu. buku informasi APBN 2019. kemenkeu.go.id; 2019.

Kemenkeu. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210 PMK010 Tahun 2018. 2018.

Pangesti Mulyono RD. Menguak Permasalahan Perpajakan Ecommerce Di Indonesia Dan Solusi Pemecahannya. J Ris Akunt Dan Bisnis Airlangga 2017;2:181–201. https://doi.org/10.31093/jraba.v2i1.26.

Lestari. Pemahaman Pelaku Bisnis Online Atas Aturan Perpajakan: Sebuah Preliminary Study. J Syst Informasi, Keuangan, Audit Dan Perpajak 2019;4:29–43. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.32897/Jsikap.V4i1.160.

Ambo. Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. J INSYPRO (Information Syst Process 2017;2:67–86. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/insypro.v2i1.

Erwanda. Perilaku Pengguna Sistem Informasi Akuntansi E-Commerce. J Akunt Multi Paradig 2019;10:502–15. https://doi.org/Http://Dx.Doi.Org/10.21776/Ub.Jamal.2019.10.3.29.

Diahvitaloka. Kebijakan Pengenaan Pajak Atas Transaksi Perdagangan Daring. Prosiding 2019.

Rosalinawati E, Syaiful S. Analisis Pajak Penghasilan atas Transaksi E-Commerce di Kabupaten Gresik. JIATAX (Journal Islam Account Tax) 2018;1:1. https://doi.org/10.30587/jiatax.v1i1.443.

Cahyadini. Kebijakan Optimasi Pajak Penghasilan Dalam Kegiatan E-Commerce. Verit Justitia 2018;4:358–387. https://doi.org/Doi: Https://Doi.Org/10.25123/Vej.3071.

Nazir. Metode Penelitian. 10th ed. , Jakarta Selatan: Penerbit Ghalia Indonesia; 2014.

Waluyo. Perpajakan Indonesia. 11th ed. Jakarta: Salemba Empat; 2011.

Das K, Tamhane T, Vatterott B, Wibowo P, Wintels S. The digital archipelago: How daring commerce is driving Indonesia’s economic development. McKinsey Co 2018:1–72.

Ortax. Realisasi Penerimaan Pajak Capai 84,4% dari Target. OrtaxOrg 2020. https://www.ortax.org/ortax/?mod=info&page=show&list=1&id=458&q=&hlm=1.

Valentiono. Potensi Perpajakan Terhadap Transaksi Ecommerce Di Indonesia. J Kertha Negara 2018;7.

Wijaya. Pemungutan Pajak atas Transaksi E-Commerce. 2013.

Arianto. Ekstensifikasi pajak dari transaksi perdagangan daring. KemenkeuGoId 2014.

Yapar BK, Bayrakdar S, Yapar M. The Role of Taxation Problems on the Development of E-Commerce. Procedia - Soc Behav Sci 2015;195:642–8. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.145.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/jraam.v4i3.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Member-of:

Indexed in:

Hasil gambar untuk google scholar                Hasil gambar untuk logo mendeley  BASE Logo       Related image

 

Tools:

 

Image result for logo plagscan

 

  

 This work is licensed under: