Media Pendukung Pembelajaran Rumah Adat Indonesia Menggunakan Augmented Reality

Main Article Content

Andy Pramono

Abstract




Indonesia memiliki kekayaan yang sangat luar biasa, mulai kekayaan alam maupun kekayaan budayanya. Salah satunya adalah rumah adat yang terdapat keanekaragaman tersebar diseluruh Indonesia. Namun keanekaragaman rumah adat ini kurang didukung dengan aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai rumah adat yang berguna bagi masyarakat terutama bagi siswa SD yang merupakan materi dalam pelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut penulis berusaha menyajikan suatu alternatif aplikasi dalam memvisualisasikan rumah adat dalam bentuk augmented reality (AR).


Adapun tahapan perancangan ini meliputi tahap analisa kebutuhan dan tujuan, tahap konsep media, tahap implementasi (Desain Interface, Desain Marker dan Modeling Rumah adat), tahap skenario, tahap rendering dan ujicoba.


Hasil penelitian ini adalah terbentuknya aplikasi sebagai media pendukung pembelajaran rumah adat Indonesia dengan menggunakan augmented reality. Adapun hasil ujicoba didapatkan rata-rata visualisasi sebesar 2,5 detik dan 6,4 detik




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PRAMONO, Andy. Media Pendukung Pembelajaran Rumah Adat Indonesia Menggunakan Augmented Reality. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 122-132, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://jraam.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/10>. Date accessed: 17 sep. 2021.
Section
Articles