KLASIFIKASI WARNA DAUN GUNA OPTIMASI PEMUPUKAN NITROGEN/UREA PADA TANAMAN PADI

Main Article Content

Hari Kurnia S Denda Dewatama Beauty Anggraheny I

Abstract

Pemupukan tanaman padi dengan takaran yang tidak tepat dapat menyebabkan kualitas padi tidak maksimal, bahkan akan terjadi kematian pada tanaman padi. Petani cenderung memberikan jumlah pupuk yang berlebih untuk mendapatkan hasil yang berkualitas, padahal hal tersebut justru akan menyebabkan penurunan produkasi padi , tanaman akan peka terhadap penyakit dan mudah rebah, serta dapat mengganggu kesehatan lingkungan, dan juga petani akan merugi.
Pada penelitian ini dikembangkan BWD (Bagan Warna Daun) digital yang dibuat berdasarkan BWD konvensional, dimana klasifikasi warna telah diatur/ ditentukan oleh BWD konvensional. Sampel warna daun yang diujikan diukur dengan BWD digital kemudian diproses dengan metode Eucledian Distance dan hasil pengujian menujukkan nilai yang merujuk pada klasifikasi yang sudah ditentukan sebelumnya, sehingga BWD digital akan memberikan rekomendasi jumlah pupuk yang harus diberikan pada tanaman padi tersebut.
Pengujian dilakukan pada dua area yang berbeda dengan luas yang berbeda, serta fase tanaman padi yang berbeda pula, dengan target hasil yang diinginkan sama. Pada area pertama dengan luas 817 m2, fase padi adalah fase anakan aktif dan target hasil adalah 5ton. Dengan memasukkan 5 sampel warna daun, didapatkan klasifikasi warna daun yang diujikan berkumpul pada skala 2 dengan jumlah rekomendasi pupuk urea 6,13kg. Pada area kedua dengan luas 900m2, dase padi primodial (bunting) dan target hasil 5 ton. Dengan memasukkan 5 sampel warna daun, didapatkan klasifikasi warna yang diujikan berkumpul pada skala 3 dengan rekomendasi berat pupuk 5,58kg.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
KURNIA S, Hari; DEWATAMA, Denda; ANGGRAHENY I, Beauty. KLASIFIKASI WARNA DAUN GUNA OPTIMASI PEMUPUKAN NITROGEN/UREA PADA TANAMAN PADI. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 1-17, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://jraam.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/114>. Date accessed: 17 sep. 2021.
Section
Articles