Perancangan Filter Pasif Single Tuned Filter Untuk Mereduksi Harmonisa Pada Beban Non Linier Penelitian pengaruh penggunaan beban-beban non-linear terhadap nilai harmonisa pada konsumen domestik khususnya pada jenis perumahan dengan kapasitas daya 450 VA.

Main Article Content

Heri Sungkowo

Abstract




Penelitian pengaruh penggunaan beban-beban non-linear terhadap nilai harmonisa pada konsumen domestik khususnya pada jenis perumahan dengan kapasitas daya 450 VA. Dari nilai harmonisa yang ditimbulkan oleh beban-beban non-linear, maka perlu perancangan dan pembuatan filter harmonisa untuk mengatasinya.


Untuk mengatasi masalah harmonisa tersebut, peneliti menggunakan single tuned filter karena filter ini mampu mereduksi nilai harmonisa dengan komponen yang sederhana, yaitu terdiri dari komponen induktor dan kapasitor. Single tuned filter dirancang dan ditempatkan diantara sumber dengan 5 jenis beban non-linear yang terpasang. Beban-beban non-linear dalam percobaan ini terdiri dari LHE (Lampu Hemat Energi), lampu TL (fluorescent), kulkas, televisi, dan motor pompa. Pemasangan filter tersebut bertujuan untuk mengurangi harmonisa arus dan harmonisa tegangan pada sistem.


Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terjadi penurunan nilai THD (Total Harmonic Distortion) arus yaitu dari 17,8% pada saat sebelum dipasang filter menjadi 10,2% setelah pemasangan filter, dan untuk THD tegangan berkurang dari 3,8% menjadi 2,5%. Pada akhirnya, nilai THDv maupun THDi setelah pemasangan single tuned filter tereduksi dan berada dalam di bawah standar IEEE 519-1992. Sedangkan untuk nilai arusnya (Irms) mengalami penurunan sebesar 30% (dari 2 ampere menjadi 1,4 ampere).




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SUNGKOWO, Heri. Perancangan Filter Pasif Single Tuned Filter Untuk Mereduksi Harmonisa Pada Beban Non Linier Penelitian pengaruh penggunaan beban-beban non-linear terhadap nilai harmonisa pada konsumen domestik khususnya pada jenis perumahan dengan kapasitas daya 450 VA.. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 146-157, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://jraam.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/12>. Date accessed: 16 sep. 2021.
Section
Articles