Desain Dan Fabrikasi Antena Cross Planar Pada Frekuensi 2,4 GHz Untuk Aplikasi Wireless Local Area Network

Main Article Content

Mochammad Taufik

Abstract




Antena Cross Planar merupakan merupakan pengembangan dari jenis antena mono pole yang memiliki Bandwith (BW) sangat lebar, sehingga antena tersebut sangat sesuai digunakan pada komunikasii nirkabel antara lain: Wireless Local Area Network (WLAN), Wi-Max dan komunikasi sejenis.


Tujuan penelitian ini adalah mendesain dan membuat antena Cross Planar untuk aplikasi komunikasi WLAN dengan BW minimal 500 MHz. Metode yang digunakan adalah membandingkan Nilai parameter hasil desain, hasil simulasi menggunakan software IE3D dan hasil pengukuran parameter-parameter antena.


Hasil simulasi dan pengukuran pada frekuensi pusat 2.4GHz didapatkan nilai perameter yang sesuai dengan syarat sebuah antena antara lain : RL simulasi = -9.68 dB, RL pengukuran = -16.9 dB ; VSWR simmulasi =1,97, VSWR pengukuran = 1,33 ; faktor pantulan I I = 0,33 ; Gain simulasi = 2.31 dBi, Gain pengukuran 2,55 dBi dan polaradiasi omni directional, polarisasi linier vertikal.


Kesimpulan yang diperoleh dari hasil simulasi menggunakan simulator IE3D didapatkan bahwa parameter RL, VSWR, faktor pantulan I I, Gain serta polardiasi dan polarisasi sesuai dengan nilai parameter antena, sehingga layak digunakan dalam implementasi sesunggunya.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
TAUFIK, Mochammad. Desain Dan Fabrikasi Antena Cross Planar Pada Frekuensi 2,4 GHz Untuk Aplikasi Wireless Local Area Network. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 181-193, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://jraam.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/15>. Date accessed: 17 sep. 2021.
Section
Articles