Aplikasi Sensor Infrared Digunakan Sebagai Kunci Lemari Elektronik Menggunakan Kartu Berlubang Berbasis Mikrokontroller

Main Article Content

Bambang Priyadi

Abstract




Lemari tempat penyimpanan barang ditempat umum dengan menggunakan kunci mekanik diragukan keamanannya, hal ini sering dirasakan oleh pengguna jasa penyimpanan akibat kunci rusak karena dibuka secara dipaksa. Untuk mengatasi permasalahan yang ada perlu dilakukan penelitian dengan melakukan perencanaan dan pembuatan alat tentang bagaimana merubah dari kunci secara mekanik dirubah menjadi kunci secara elektronik, dengan tujuan kunci elektronik tidak dapat dirusak secara paksa. Sensor infrared dengan menggunakan kartu berlubang adalah salah satu bentuk aplikasi sensor sebagai pengganti kunci lemari secara mekanik, dengan tujuan agar kunci elektronik tidak bisa dibuka secara paksa.


Kartu berlubang dapat digunakan untuk membuka lemari, dengan cara memasukkan kartu data berlubang tersebut, MCU akan membaca kartu berlubang setelah itu masukan password sesuai petunjuk yang ada pada layar LCD yang kemudian driver solenoid dapat aktif dan pintu terbuka. Alat pengaman ini dibuat untuk mengontrol 32 buah lemari pengaman dengan sistem penguncian menggunakan solenoid yang dioperasikan dengan catu daya 12 volt. Password yang digunakan memiliki 4 digit angka, dimana masing-masing lemari memiliki password yang berbeda. Password tersebut diisikan melalui keypad matriks 4x4 password ditampilkan oleh LCD 2x16 dengan tampilan 2 baris yang menampilkan petunjuk yang baru.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PRIYADI, Bambang. Aplikasi Sensor Infrared Digunakan Sebagai Kunci Lemari Elektronik Menggunakan Kartu Berlubang Berbasis Mikrokontroller. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 194-207, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://jraam.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/16>. Date accessed: 17 sep. 2021.
Section
Articles