Desain Dan Simulasi Antena Microstrip Semicircular Half U-Slot Untuk Aplikasi Modem GSM 1800 MHz

Main Article Content

Waluyo Waluyo Dyan Nastiti Novikasari

Abstract




Permasalahan antena dari bahan konduktor adalah agak rumit pembuatannya dan ukuran biasanya agak besar. Sehingga untuk keperluan system komunikasi bergerak dipandang kurang efisien. Untuk keperluan tersebut dibutuhkan suatu antena yang sederhana, tipis, mudah pembuatannya, mudah feedingnya, bisa dihubungkan rangkaian lain, yakni antena microstrip. Cara membuat antena microstrip adalah dengan cara mencetak pada lempengan PCB (Printed Circuit Board), kemudian peradiasinya dilapisi dengan larutan perak atau bahan konduktor lain. Asumsi bahan yang digunakan adalah PCB epoxy (FR4) double layer dengan ketebalan bahan 1,5 mm dan konstanta dielektrik sebesar 4,5. Artikel membahas perencanaan atau desain sebuah antena mikrostrip bentuk semicircular Half U-Slot, yang bekerja pada frekuensi 1800 Mhz untuk aplikasi Modem GSM. Kemudian hasil perencanaan antenna microstrip tersebut akan disimulasikan dengan menggunakan perangkat software simulator mikrostrip IE3D.


Dari hasil Simulasi dapat diambil kesimpulan bahwa antenna microstrip bekerja frekuensi pusat 1.8 GHz didapatkan nilai perameter sebagai berikut: return loss = -13.9 dB, voltage standing wave ratio (VSWR) <= 2, faktor pantulan I = 0,2. Parameter gain pada simulasi sebesar -10 dBi. Sehingga dapat dikatakan bahwa parameter return loss, VSWR, faktor pantulan, tersebut cukup memenuhi dari suatu parameter sebuah antenna, sehingga layak untuk digunakan dalam implementasi sesungguhnya.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
WALUYO, Waluyo; NOVIKASARI, Dyan Nastiti. Desain Dan Simulasi Antena Microstrip Semicircular Half U-Slot Untuk Aplikasi Modem GSM 1800 MHz. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 42-54, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://jraam.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/20>. Date accessed: 28 sep. 2021.
Section
Articles