Kotak Saran Digital Berbasis Raspberry Pi Dengan Pengiriman Melalui Email

Main Article Content

Moechammad Sarosa Shabrina Yekti Aisyiani Wahono Putra Pinayungan Lis Diana Mustafa

Abstract




Selama ini penyampaian saran ke suatu institusi dilakukan dengan menuliskan pesan pada secarik kertas kemudian dimasukkan ke dalam kotak saran yang telah disediakan. Cara seperti ini memiliki beberapa kelemahan diantaranya: untuk mengetahui saran yang diterima maka pihak penerima harus memgambilnya terlebih dahulu, sementara jika ingin merekap isi saran yang telah diterima maka harus dilakukan ketik ulang. Sementara itu, teknologi informasi telah berkembang sangat pesat, orang bisa berkirim berita menggunakan email atau sms.
Dalam penelitian ini telah dilakukan pembuatan kotak saran digital berbasis raspberry pi, dimana saran diberikan dengan menuliskannya pada form yang tersedia pada tampilan web melalui keyboard dalam bentuk teks. Selanjutnya saran akan dikirim ke alamat yang dipilih menggunakan fasilitas e-mail. Kotak saran yang bekerja dengan tampilan web ini secara otomatis akan menyimpan saran-saran yang dimasukkan ke database server dan alamat pengirim/penerima. Saran- saran akan dikirimkan melalui email ke masing-masing alamat tujuan. Dengan cara demikian penerima saran bisa membaca dari mana saja tanpa harus mendatangi kotak saran yang ada.
Kotak saran digital ini telah diujicoba dengan mengambil studi kasus pengiriman saran bagi Jurusan, Program Studi, Job Placement Center dan dosen di Politeknik Negeri Malang. Berdasarkaan hasil pengujian, saran yang diketikkan berhasil terkirim ke setiap penerima sesuai dengan daftar alamat tujuan saran ke alamat email dari setiap penerima pesan. Kemudahan penggunaan alat ini diharapkan bisa memberikan alternatif cara menyampaikan saran pada suatu institusi.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SAROSA, Moechammad et al. Kotak Saran Digital Berbasis Raspberry Pi Dengan Pengiriman Melalui Email. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 30-44, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://jraam.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/56>. Date accessed: 28 sep. 2021.
Section
Articles