Analisis Kinerja Transformator Tiga Belitan Sebagai Generator Step-Up Transformer

Main Article Content

Harrij Mukti K

Abstract




Pada pusat pembangkit tenaga listrik, generator step-up transformer merupakan salah satu peralatan utama yang digunakan untuk menaikan tegangan keluaran generator untuk dapat mensuplai jaringan transmisi 70 kV, 150 kV, maupun 500 kV.


Transformator tiga belitan ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan apabila dipasang dua buah transformator dua belitan. Antara lain ditinjau dari lebih tingginya nilai efisiensi, baik dilihat dari nilai rugi- rugi transformator maupun dilihat dari efisiensi rata-rata harian.


Bila ditinjau dari sisi kinerja operasi transformator tiga belitan, meskipun transformator mempunyai 2 buah masukan tetapi bila salah satu turbin gas tidak beroperasi karena ada kerusakan atau untuk pemeliharaan, transformator tetap dapat beroperasi dengan hanya satu buah masukan.


Kelemahan dari transformator tiga belitan sebagai transformator step-up pada dua generator adalah jika terjadi gangguan pada transformator yang menyebabkan tripnya PMT maka dua generator tidak dapat mensuplai daya ke beban, tetapi hal ini tidak terjadi jika menggunakan dua transformator dua belitan sebagai generator step-up transformer karena jika terjadi kerusakan pada salah satu transformator maka masih ada satu generator yang dapat mensuplai daya ke beban.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MUKTI K, Harrij. Analisis Kinerja Transformator Tiga Belitan Sebagai Generator Step-Up Transformer. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 71-82, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://jraam.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/6>. Date accessed: 17 sep. 2021.
Section
Articles