Optimasi Filter Sisi Beban Dan Pengurangan Gejala Ekstrim Sisi Masukan Pada Penyearah Setengah Gelombang Pada Kondisi Steady State

Main Article Content

Ari Murtono

Abstract




Dari penelitian sebelumnya sudah ditemukan daya masukan yang sa- ngat tinggi, padahal tegangan masukan normal, arus dan tegangan di sisi lu-aran normal. Yang membuat daya masukan tinggi karena pada nilai filter tertentu terjadi arus yang sangat tinggi di sisi masukan. Arus bisa sampai di atas 1500 amper, tetapi arus luaran sangat rendah misalnya 2 Amper.
Penelitian ini untuk menjawab, apakah nilai tertentu saja terjadi yang ekstrim. Bagaimana dengan nilai-nilai lain. Apakah berbandingan nilai induktor dan kapasitor sangat signifikan mempengaruhi fenomena keekstriman. Apakah fenomena keekstriman bisa dihilangkan, dan apakah jika dihilangkan muncul fenomena keekstriman di titik titik lain. Prosedur penelitiannya adalah dari temuan penelitian sebelumnya, di- kembangkan analisisnya dengan langkah sebagai berikut: merangkit rangkaian penyearah biasa dan switching, memberi filter induktor dan kapasitor, mengukur daya masukan dan luaran. Setelah nilai-nilai filter yang optimal dapat ditemukan. Penelitian dilakukan lagi dengan memperbanyak waktu pengukuran. Hasilnya tanpa metode switching di sisi masukan, arus di sisi masukan makin lama makin besar.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MURTONO, Ari. Optimasi Filter Sisi Beban Dan Pengurangan Gejala Ekstrim Sisi Masukan Pada Penyearah Setengah Gelombang Pada Kondisi Steady State. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 82-93, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://jraam.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/60>. Date accessed: 28 sep. 2021.
Section
Articles