Perancangan Aplikasi Business Intelligence Hasil Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus Program Studi Manajemen Informatika)

Main Article Content

Budi Harijanto Gunawan Budiprasetyo

Abstract




Nilai hasil proses belajar mengajar pada sebuah file excel dengan format yang telah ditentukan untuk nantinya diserahkan pada bagian Di Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Negeri Malang sudah menjadi rutinitas bagi para dosen setelah UTS dan UAS untuk memasukkan administrasi. Seiring dengan perjalanan waktu data yang berupa file excel yang terkumpul di bagian administrasi Program Studi akan semakin menumpuk dan cenderung menjadi tumpukan data yang kurang memiliki nilai strategis dalam mendukung keputusan.


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan transformasi dari tumpukan file data excel menjadi informasi yang bernilai yang bermanfaat dalam mendukung pengambilan keputusan. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dibuatlah perancangan Aplikasi Business Intelligence (BI). Aplikasi ini utamanya dikhususkan pada dashboard dimana masukan utama adalah file excel yang berisi data nilai mahasiswa yang dibuat oleh para dosen.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HARIJANTO, Budi; BUDIPRASETYO, Gunawan. Perancangan Aplikasi Business Intelligence Hasil Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus Program Studi Manajemen Informatika). JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 83-95, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://jraam.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/7>. Date accessed: 17 sep. 2021.
Section
Articles